Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar

Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar – Proposal usaha merupakan media umum untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan oleh seorang pengusaha. Proposal ini berupa dokumen tertulis yang menggambarkan semua unsur, baik internal maupun eksternal mengenai suatu usaha baru. Dalam menyusun sebuah proposal usaha, Anda perlu memerhatikan beberapa faktor penting di dalamnya seperti tujuan yang realistis, fleksibel, batasan waktu, dan juga komitmen.

Dengan memiliki proposal usaha, Anda dapat lebih mudah membuat rencana untuk mengembangkan suatu usaha. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat lain, seperti, membandingkan antara rencana sebelumnya dan hasil yang ingin dicapai, mengembangkan dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain, sebagai alat komunikasi dalam memaparkan gambaran usaha, membantu untuk berpikiran kritis dan objektif, membantu memahami persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial, dan memperjelas keberadaan sumber-sumber dana dalam mengelola usah.

CONTOH PROPOSAL USAHA CAKE TALAS UNGU

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan yang maha esa, karena atas rahmat dan karuniaNya, kami dapat membuat suatu rencana usaha yang insyaAllah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor sebagai penjamin modal usaha, dan umumnya bermanfaat bagi masyarakat.

CAKE TALAS UNGU merupakan nama yang kami buat untuk kegiatan usaha ini, yang bergerak di bidang produksi kue tradisional. Yaitu Lapis.

Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran dan  masukan-masukannya untuk kelancaran usaha kami ini. Khususnya kepada doses pembimbing kami yang telah memberikan tugas ini, dengan demikian kami terlatih untuk membuat proposal usaha ini.

BAB 1
PENDALUHUAN

LATAR BELAKANG

Pada umumnya, mereka yang membuat/memproduksi lapis membuat olahannya ini hanya dengan menggunakan tepung dan penyedap makanan, tapi kali ini, tapi membuat makanan tradisional ini dengan sedikit berbeda, sesuai dengan namanya, yaitu cake talas ungu, kami membuat kue ini dengan menggunakan umbi talas yang masih utuh, bukan penyedap/perasa. Dengan begitu, kue ini bukan hanya enak, tetapi juga sehat untuk di konsumsi, karna kami menggunakan talas ungu, yang banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Karena itulah, kami mempunyai inovasi baru yang akan menjadi trend kue tradisional yang unik tapi sehat. Oleh karena itu kami memilih peluang usaha “cake talas ungu” sebagai brand usaha kami. Kami berharap dengan adanya inovasi baru ini kami8 dapat memberikan kepuasan dan dapat member kami keuntungan.

  1. PENGELOLAH USAHA

BIODATA PENGUSAHA 1

Nama       :  Windi Novita

Umur        :  18 Tahun

Alamat     :  jln. Tole Iskandar Kompleks Bella Cassa Blok J6/30

Usaha      :  Cake talas ungu

BIODATA PENGUSAHA 2

Nama       : Lola Dwi Darmayanti

umur        :  19 Tahun

alamat      :  Beji Timur

usaha      : Cake talas ungu

BAB 2
PENCANA PRODUKSI

  1. PEMASARAN

Dalam pembuatan usaha Cake talas ungu ini, kami melakukan perkenalan dan penawaran  produk kami ini daengan menggunakan

  • Brosusur
  • Dan kami akan ke rumah-rumah untuk memperkenalkan produk kami

Dan dalam pemesanan, kami juga menyediakan alternative-alternatif yang bisa di manfaatkan bagi pelanggan kami, yaitu :

  • Contact person toko kami 085342058421 untuk pelanggan yang mau di antarkan ke rumahnya (delivery)
  • Atau bisa langsung datang ke Toko kue yang rencana akan kami beri nama “SINAR BAKERY” yang beralamat di jln Tole Iskandar No. 21 depok Timur.

Alasan mengapa kami membuka usaha di tempat ini, karena lokasi ini berdekatan dengan area-area yang di gunakan untuk liburan/piknik, sehingga orang yang akan berpergian untuk liburan bisa membeli produk kami sebagai ole-ole.

  1. YANG DI PRODUKSI

Olahan yang rencana kami produksi adalah Cake talas ungu, yang terdiri dari 2 lapis, lapisan awal rasa original, dan lapisan kedua rasa talas ungu. Pilihan topingnya ada banyak, ada coklat, keju, kacang almon, dan messes.

Sesuai topingnya yang bervariasi, maka kami juga memberi harga yang bervariativ sesuai harga topingnya. Karna harga toping tersebut tidak sama, ada yang mahal, tetapi ada juga yang murah.

BAB 3
BAHAN BAKU

  1. Jumlah Bahan Baku

Untuk membuat cake talas ungu dengan toping keju, coklat, kacang almon, dan cerres. Bahan-bahannya adalah sbb:

No Bahan Harga
1 5 kg talas ungu 1 kg = Rp 10.000 x 5 kg = Rp 50.000
2 10 kg mentega 1 kg = Rp 30.000 x 10 kg = Rp 300.000
3 3 kg gula pasir 1 kg = Rp 12.000 x 3 kg = Rp 36.000
4 10 kg telur ayam 1 kg = Rp 10.000 x 10 kg = Rp 100.000
5 3 kg susu bubuk 1 kg = Rp  12.000 x 3 kg = Rp 36.000
6 25 gram maizena Rp 25.000
7 1 saccet vanili Rp 5000
8 1 saccet coklat batang Rp 50.000
9 1 kg kacang almon Rp 120.000
10 1 kg cerres Rp 60.000
11 1 saccet coklat chips RP 30.000
12 1 saccet keju batang Rp 40.000
Total Rp 852.000
  1. Alat Yang Dipergunakan

Peralatan

  1. Kompor gas
  2. Tabung gas
  3. Oven untuk membakar roti
  4. Mixer untuk mencampur bahan
  5. Tatanan/wadah yang di gunakan untuk menempatkan bahan  yang telah tercampur untuk kemudian di bakar
  6. Sendo plastic dan sendok besi
  7. Garpu
  8. Baskom

BAB 4
PROSES PRODUKSI DAN HARGA

Ø CARA MEMBUAT

  1. Cara pembuatan cake talas ungu toping keju
  • Campur talas ungu yang sudah di kukus dan di lunakan dengan mentega, telur, susu, gula pasir maizena dan vanili secara perlahan-lahan, dengan menggunakan mixer
  • Setelah semua bahan telah tercampur rata, tuang adonan ke dalam tatanan/wadah
  • Kemudian panggang adonan menggunakan oven api medium
  • Tunggu sampai setengah matang, kemudian lumurkan keju di atasnya, panggang lagi sampai matang, diamkan beberapa menit sampai panasnya hilang
  • Setelah itu siap di pasarkan
  1. Cara Membuat cake talas  ungu toping coklat
  • Campur talas ungu yang sudah di kukus dan di lunakan dengan mentega, telur, susu, gula pasir maizen, vanili, keju, dan coklat parut secara perlahan-lahan, dengan menggunakan mixer
  • Setelah semua bahan telah tercampur rata, tuang adonan ke dalam tatanan/wadah
  • kemudian bubuhi coklat chips di atasnya,
  • setelah itu panggang dengan oven dengan api medium sampai matang,
  • setelah matang diamkan beberapa menit sampai panasnya hilang
  • Setelah itu siap di pasarkan
  1. Cara Membuat Cake Talas ungu dengan toping kacang almon
  • Campur talas ungu yang sudah di kukus dan di lunakan dengan mentega, telur, susu, gula pasir maizena dan vanili secara perlahan-lahan, dengan menggunakan mixer
  • Setelah semua bahan telah tercampur rata, tuang adonan ke dalam tatanan/wadah
  • Kemudian taburi kacang almon di atasnya
  • Setelah itu panggang adonan sampai matang
  • Setelah matang, diamkan beberapa menit sampai panasnya hilang
  • Setelah itu siap di pasarkan
  1. Cara Membuat cake talas ungu dengan toping cerres
  • Campur talas ungu yang sudah di kukus dan di lunakan dengan mentega, telur, susu, gula pasir maizen, vanili, keju, dan coklat parut secara perlahan-lahan, dengan menggunakan mixer
  • Setelah semua bahan telah tercampur rata, tuang adonan ke dalam tatanan/wadah
  • setelah itu panggang dengan oven dengan api medium sampai setengah matang,
  • lalu taburi ceres di atasnya, setelah itu panggang kembali sampai matang
  • setelah matang diamkan beberapa menit sampai panasnya hilang
  • Setelah itu siap di pasarkan

Ø  DAFTAR HARGA

No Toping Cake Harga
1 Original @Rp 12.525,-
2 Cake Talas Ungu Toping Keju @Rp 24.525,-
3 Cake Talas Ungu Toping Coklat @Rp 22.525,-
4 Cake Talas Ungu Toping Kacang almon @Rp 32.525,-
5 Cake Talas Ungu Toping Cerres @Rp 19.525,-

BAB 5
ASPEK KEUANGAN

Ø  Rencana Produksi

  1. Jenis produk                   =  Cake Talas Ungu
  2. Jumlah produksi                        =  30 buah per toping, 4 toping = 120 buah/hari

Ø  Biaya Tetap

  1. Biaya listrik                      =  Rp 120.000/bulan
  2. Biaya P3K                                   =  Rp 30.000/bulan

Jumlah                            =  Rp 150.000,-

Ø  Biaya Variable

  1. Bahan baku                    =  Rp 852.000,-
  2. Peralatan                         =          –

Jumlah                            =  Rp 852.000,-

Ø  Modal                                                 =  Rp 150.000,- + Rp 852.000,-  = Rp 1.002.000,-

Ø  Keuntungan                                     =   50%

=  50 x Rp 1.002.000,- : 100

=  Rp 501.000,-

Ø  Modal + Laba                                    =  Rp 1.002.000,-  +  Rp 501.000,-  =  Rp 1.503.000,-

Ø  Harga Jual                            =  1.503.000,-/120 buah  = Rp 12.525,-

=  Keju Rp 12.000,- + Rp 12.525,-  =  Rp 24.525,-

    Coklat Rp 10.000,-  + RP 12.525,-  =  Rp 22.525,-

    Kacang Almon Rp 20.000,- + Rp 12.525,-  =  Rp 32.525,-

    Cerres  Rp 7000,-  +  Rp 12.525 =  Rp 19.525,-

  1. Strength (Kekuatan)

Kekuatan dari produk ini :

  • Menjual produk untuk semua kalangan (balita, anak-anak, remaja, dan orang tua)
  • Memiliki keunikan rasa dari cake-cake yang lainnya, karena menggunakan bahan baku asli, yaitu talas
  • Terbuat dari talas ungu yang masih jarang di gunakan pedagang sebagai bahan baku pembuatan cake
  1. Weaknes ( Kelemahan)

Kelemahan produk ini antara lain ;

  • Sangat mudah di buat sendiri, sehingga biasannya orang memilih untuk membuatnya sendiri
  • Cara pembuatannya mudah di tiru
  1. Opportunity ( Peluang)

peluang dari usaha ini antara laini :

  • Alat dan bahan mudah di temukan
  • Bahan baku mudah di dapatkan di mana saja
  • Mudah dalam pemasaran, karena lokasinya ramai
  1. Threat ( Ancaman)

Ancaman dari usaha ini antara lain :

  • Ada yang membuat cake talas ungu ini lebih unik, dan lebih bervariasi lagi.

BAB 7
PENUTUP

Kesimpulan

  • Pembuatan cake ini mudah, dan dapat di kerjakan sendiri
  • Alat dan bahan yang di gunakan untuk pembuatan cake in I mudah di temukan bahkan kita bisa membeli bahan baku ini setiap hari
  • Dapat di nikmati oleh semua kalangan, karena menyehatkan.

Contoh Proposal Usaha Coffee Corner

Latar Belakang

Tingkat stress yang semakin tinggi membuat masyarakat membutuhkan tempat untuk sekedar melepas lelah atau mencari tempat refreshing yang bisa menyegarkan suasana kembali.  Ke coffee shopatau kedai kopi menjadi salah satu pilihan favorit bagi masyarakat.  Di samping sudah menjadi budaya khusus di Indonesia, masyarakat terbukti mempunyai minat yang amat besar untuk mengunjungi tempat yang di gemari semua usia ini.

Pergeseran budaya membuat keberadaan coffee shop semakin di akui masyarakat. Peran media-media yang sering mensosialisasikan kedai kopi mendukung perkembangan warung khusus kopi ini.  Semula kedai kopi di jadikan sebagai tempat nongkrong atau sekedar ngobrol dengan teman tapi sekarang, kedai kopi mempunyai fungsi tambahan sebagai tempat untuk bertemu teman lama, relasi bisnis untuk membahas suatu bisnis tertentu bahkan menjadi ajang berkumpulnya berbagai kegiatan khusus semisal nonton bareng, dll. Keberadaan komunitas turun menyemarakkan perkembangan kedai kopi. Komunitas menjadi tempat berkumpul yang kemudian memanfaatkan sarana yang disediakan oleh kedai kopi sekaligus menjadi pangsa pasar yang layak untuk dioptimalkan. Komunitas sepeda onthellmisalnya sering mengadakan acara yang mana komunitas ini masih meanfaatkan sarana umum seperti persimpangan, lapangan dll. Komunitas seperti ini harus dimanfaatkan, selain memiliki peluang untuk bekerjasama juga memiliki kebiasaan yang bisa mendukung terciptanya pangsa pasar bagi kedai kopi.

Beberapa kedai kopi menyediakan tempat khusus bagi yang sedang mempunyai agenda tertentu.  Disini pula, akhirnya perkembangan kedai kopi semakin pesat karena masyarakat bisnis sering bosan jika rapat di adakan di kantor saja tanpa ada perubahan suasana.

Coffee Corner sebagai salah satu kedai yang memiliki visi membuat produk-produk yang bermanfaat untuk refreshing. Dengan tagline Lebih Sederhana, Lebih Bersahabat. Coffee Cornermenyajikan aneka menu kopi yang bervariasi dengan harga terjangkau sehingga bisa di kunjungi dan dinikmati semua kalangan masyarakat.

 Jember merupakan salah satu kota agraris, dimana sektor pertanian menyumbang lebih dari 35 % pendapatan daerah (BPS Kab Jember) dimana Kopi dan kakau merupakan penyumbang terbesar sektor pertanian. Di kota Jember terdapat universitas dimana banyak mahasiswa dari seluruh penjuru negeri dengan berbagai  budaya mereka berkumpul dalam satu wadah yaitu Jember. Jember memiliki banyak peminat dalam bidang pendidikan khususnya di dunia perkuliahan karena di Jember terdapat berbagai jenis perguruan tinggi di Indonesia (Universitas Jember, Poltek Jember, STAIN Jember, Unmuh Jember dan beberapa universitas swasta).

Para Mahasiswa sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, dosen, dan persoalan kehidupan lain yang memungkinkan bagi mahasiswa untuk sejenak rileks dan menenangkan fikiran. Kami menawarkan tempat untuk refreshing di Coffee Corner diperuntukan bagi mahasiswa (sebagai awalan) dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dan di temani secangkir kopi.

Coffee Corner direncanakan pertama kali di kota Jember.  Terletak di area  kampus di Jember yaitu Universitas Jember, Poltek Jember dan Unmuh Jember sangat strategis untuk menarik pelanggan, dengan mengusung konsep tradisional Coffee Shop. Coffee Corner juga menyediakan berbagai makanan pendamping yang memberi kesempatan kepada pelanggan untuk lebih santai namun tetap memberi kesan elegan.

  1. Nama Perusahaan

Nama Perusahaan     : Coffee Corner

Alamat                        : Jalan Kalimantan No 76 Jember

Pemilik                        : Terserah

Alamat                        : Jl. Kalimantan X/111 Jember

Di jalan area kalimantan, jalan Mastrib, Jalan Jawa dan Riau merupakan area dimana mahasiswa tinggal (kos). Dari 4 jalan tersebut terdapat tidak kurang dari 45.000 mahasiswa. Dimana prosentase laki-laki (kita asumsikan yang minum kopi laki-laki) adalah 45% maka terdapat lebih dari 20000 mahasiswa laki-laki. Jumlah ini merupakan target utama dari pemasaran. Ditambah kalangan menengah dan pebisnis lokal kami maka jumlahnya akan sangat mendukung usaha ini.

  1. Alasan

            Kopi merupakan hasil bumi yang sangat melimpah di Jember dan dari sudut pandang kesehatan, kopi memiliki banyak khasiat bagi mereka yang mengkonsumsinya. Beberapa khasiat kopi adalah mencegah penyakit diabetes hingga 50% dan kopi juga mengandung zat asam klorogenik dan trigonelin yang dapat meningkatkan insulin dan menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh. Yang biasa orang ketahui adalah kopi dapat menyegarkan tubuh sehingga tidak mudah mengantuk karena memiliki zat kafein. Oleh karena itu banyak orang yang mengkonsumsi kopi, maka dari itu dapat kita manfaatkan selera masyarakat ini untuk menjadi sebuh peluang bisnis yang menguntungkan.

  1. Tujuan

            Adapun tujuan dalam membuat proposal usaha ini adalah :

  1. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.
  2. Untuk memaksimalkan hasil produk kopi masyarakat.
  3. Memasarkan hasil produk kepada masyarakat.
  4. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat tahu bahwa kopi di kedai kami berbeda dengan yang sudah ada.
  5. Mengurangi tingkat pengangguran.

PERENCANAAN PEMASARAN

  1. Target Pemasaran

Pertama, target awal pemasaran adalah komunitas kos-kosan yang ada di sekitar kampus. Setiap kosan biasanya sudah terjalin relasi yang kuat antar individu. Komunitas ini menjadi target awal karena pola relasi sosial sudah terbangun antar individu. Pendekatan terhadap salah satu individu di beberapa komunitas kos-kosan akan menghasilkan dampak snowball yang memungkinkan untuk mempercepat pemasaran produk. Masuk akal kalau kemudian target awal pemasaran adalah komunitas mahasiswa berdasarkan kos-kosan.

Kedua, yang harus diketahui dalam memulai usaha adalah peluang pasar dimana produk ini dapat diterima. Karena produk yang kami tawarkan  bisa diterima disemua kalangan, sangat memungkinkan untuk mulai menarget pemasaran pada pebisnis tingkat lokal. Komunitas-komunitas lain yang ada di area kampus akan menjadi target pemasaran kedua dengan tidak mengabaikan masyarakat umum yang terbiasa lewat di area lokasi kedai.

Ketiga, dalam jangka panjang, kami akan mencoba untuk memperluas skala pemasaran dengan menargetkan untuk memperluas area berdasarkan teritori yaitu kabupaten.

  1. Promosi

Berikut ini adalah beberapa usaha yang bisa kami lakukan untuk mempromosikan kedai kopi kami :

  1. Membangun sebuah kedai yang dekat dengan kampus, ini adalah cara paling efektif karena jarak biasanya menjadi salah satu kendala bagi mahasiswa untuk hanghout. Biasanya mahasiswa mencari tempat yang ramai tetapi keramaian tersebut masih pada level setingkat,  sehingga pemilihan area kampus dengan memperhatikan jarak antar kampus di area Jember menjadi pertimbangan utama penentuan tempat kedai. Pemilihan tempat yang strategis akan mempermudah promosi produk yang ditawarkan.
  2. Lewat brosur dan rantai pesan (melalui sms, BBM, WA dan sosial program lainnya), hal ini dilakukan untuk mempercepat promosi sehingga  target konsumen bisa cepat didapat.
  3. Melalui internet atau sosial media online, cara ini efektif karena cukup memberikan informasi dengan skala yang lebih luas, karena  hampir semua mahasiswa membuka dan memiliki media sosial seperti facebook, Twitter, google+, yahoo, kaskus dll.
  4. Setiap pelanggan yang membawa rekannya dan memesan 3 (tiga) kopi akan mendapatkan gratis 1 (satu) cangkir kopi (buy 3 get 1 free) selama masa promosi.
  1. Analisis SWOT
  2. Strenghts (kekuatan)

ü  Harga kopi terjangkau oleh kalangan masyarakat

ü  Kualitas bahan baku baik dan terjamin

ü  Tersedia berbagai rasa dan berbagai jenis kopi

  1. Weakness (kelemahan)

ü  Susahnya mencari bahan baku yang baik dan berkualitas

ü  Mempertahankan pelanggan karena selera terhadap kopi bervariasi

  1. Opprtunity (peluang)

ü  Masyarakat yang konsumtif akan kopi banyak

ü  Permintaan pasar yang selalu meningkat

ü  Perubahan nilai minum kopi (dari orang tua menjadi segala usia)

  1. Threats (ancaman)

ü  Jumlah kompetitor yang terus meningkat

ü  Munculnya produk yang lebih unggul

ü  Kenaikan harga bahan baku untuk beberapa jenis kopi unggulan karena jumlahnya terbatas

  1. Struktur Organisasi





PROSES PEMBUATAN

            Proses pembuatan kopi ini tergolong mudah, bahkan hampir semua orang dapat membuatnya, namun ada beberapa cara dimana pembuat kopi dapat menciptakan kopi yang enak dari yang lainnya. Dalam proses pembuatannya dibutuhkan alat-alat yang diperlukan, diantaranya adalah :

  1. Alat

ü  Coffee Machine

ü  Alat pemanas air

ü  Cangkir dan Mug

ü  Blender

  1. Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kopi :

ü  Bubuk Kopi

ü  Susu cair

ü  Gula pasir

ü  Es Batu

  1. Proses Pengolahan

ü  Bubuk kopi + gula + susu + air (tergantung pesanan) di olah di Coffee Mechine

ü  Dan kopi pun siap dihidangkan

ü  Penjualan untuk barang  lainnya menyesuaikan

PERENCANAAN BISNIS

Analisa Keuangan

Analisis Keuangan Tahun Pertama
Modal Usaha  Rp     51.856.000
Overhead  Rp           470.000
Pengeluaran  Rp       4.000.000
Bahan Baku  Rp       2.660.000  Rp        7.130.000
Penjualan  Rp     12.900.000
Pendapatan Rp        5.770.000

Rincian lengkap keuangan bisa di lihat di lampiran. Laba bersih perbulan adalah Rp. 5.770.000. BEP/Balik Modal ≈ 9 bulan

 

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat,. Besar harapan kami agar proposal ini menjadi bahan pertimbangan sebagai dasar untuk bekerjasama.

Rincian biaya

Modal Usaha
Harga satuan Kebutuhan Biaya Total
Sewa tempat (pertahun)  Rp     25.000.000 1  Rp     25.000.000
Desain Ruangan  Rp       5.000.000 1  Rp       5.000.000
Bar Tender  Rp       4.500.000 1  Rp       4.500.000
Lemari gantung 2 pintu  Rp           456.000 1  Rp           456.000
Lemari es  Rp       2.000.000 1  Rp       2.000.000
Coffee mechine  Rp           450.000 1  Rp           450.000
Cangkir  Rp              25.000 30  Rp           750.000
Gelas  Rp              12.000 30  Rp           360.000
Latte Art tools  Rp              25.000 3  Rp              75.000
Furniture  Rp       3.000.000 1  Rp       3.000.000
Sendok (12 buah)  Rp              35.000 4  Rp           140.000
Baki  Rp              25.000 3  Rp              75.000
LCD TV 41″  Rp       2.500.000 1  Rp       2.500.000
Blender  Rp           500.000 1  Rp           500.000
Sound  Rp       1.500.000 1  Rp       1.500.000
PC Set + program kasir  Rp       5.000.000 1  Rp       5.000.000
Pemasangan awal Jaringan TV  Rp           250.000 1  Rp           250.000
Kebutuhan Lain  Rp           300.000 1  Rp           300.000
Total Rp      51.856.000
Overhead
Harga Satuan Kebutuhan Total
WIFI Rp            250.000 1 Rp            250.000
Jar Listrik Rp            200.000 1 Rp            200.000
TV Rp              20.000 1 Rp              20.000
Total Rp            470.000
Pengeluaran
Satuan Kebutuhan Total
Gaji karyawan  Rp           500.000 5  Rp       2.500.000
Biaya operasional lain  Rp              50.000 30  Rp       1.500.000
Total Rp        4.000.000
Bahan Baku
Harga Satuan Kebutuhan Total
Bubuk kopi  Rp              20.000 30  Rp           600.000
Gula  Rp              10.000 50  Rp           500.000
Air  Rp              10.000 50  Rp           500.000
Susu  Rp           100.000 1  Rp           100.000
Es kristal  Rp                1.000 60  Rp              60.000
Bahan baku lain  Rp              30.000 30  Rp           900.000
Total Rp        2.660.000
Penjualan
Harga Target/bulan Total
Kopi classic (30 unit x 30)  Rp               3.000 900  Rp     2.700.000
Kopi Spesial (20 unit x 30)  Rp               5.000 600  Rp     3.000.000
Kopi susu (30 unit x 30)  Rp               4.500 600  Rp     2.700.000
Es Jeruk  (20 unit x 30)  Rp               2.000 600  Rp     1.200.000
Es susu (15 unit x 30)  Rp               4.000 450  Rp     1.800.000
Penjualan lain  Rp             50.000 30  Rp     1.500.000
Total Rp    12.900.000

 

Demikianlah informasi mengenai contoh proposal Usaha yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. semoga bermanfaat

visi dan misi usaha keripik sukunpenhertian wannakemakalah jasukekata pengantar yang baik dan benar untuk usaha laundrycontoh Proposal Usaha Rendangcontoh proposal tentang kemasancontoh proposal pembuatan tahucontoh proposal masakan nasi liwetcontoh makalah menghias kue pdfcontoh judul untuk propisal rendang